Konfigurasi DHCP Server pada OS Linux

Baiklah pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengkonfgurasi dhcp server di linux opensuse. DHCP (Dynmic Host Configuration Protocol) adlah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahan pengalokasian alamat ip dalam satu jaringan. Misalkan jika DHCP di pasng pada jaringan lokal atau pada jaringan sebuah cafe maka pada saat perangkat komputer, handphone atau perangkat lain yang masuk kedalam jaringan tersebut akan saling terhubung dengan alamat ip yang telah tersedia pada server yang dibagikan secara acak.
 
Pada protokol DHCP dapat mengatur batasan alamat ip yang akan di ambil secara acak pada perangkat yang terhubung pada jaringan. Misalkan pada jaringan rumah dibatasi pengaturaan perangkat yang terhubung pada jaringan home dengan batasan 4, maka alamat ip address yang dapat terhubung pada jaringan rumah akan hanya ada 4 perangkat saja. Jika ada yang ingin atau masuk kedalam jaringan rumah maka tidak akan mendapatkan alamat ip address sehingga tidak dapat terhubung keddalam jaringaan rumah karena alamatnya telah dibatasi hanya 4 perangkat yang mendapatkan alamat ip untuk terhubung kedalam jaringan rumah. Ok tahap pengenalan DHCP untuk saya sudah cukup untuk garis besarnya heheheh. Kita langsung saja bagai mana cara mengkonfigurasi DHP pada os opensuse, opensuse sendiri adalah distro linux yyang identik dengan logo bunglon dengan warna hijau yang keren. Sekarang kita akan setting DHCP server pada opensuse, prosesnya mari kita mulai semoga yang saya jelaskan dapat membantu. Sebelumnya kita akan melakukan instalasi YAST terlebih dahulu.

INSTALASI 

  1. Buka YAST pada opensuse. Masukkan password kalian agar dapat masuk ke dalam root sebagai user normal.
  2. Masuk ke dalam menu software lalu pilih sofware Management.
  3. Setelah masuk pilih bagian filter dengan pilih pattern.
  4. Pilih DHCP dan DNS server dengan memberikan centang pada pilihan.
     
  5. Pilih accept, tunggu hingga instalasi selesai kemudian tutup YAST.

KONFIGURASI

  1. Buka YAST, pilih menu Network Server lalu DHCP Server.
  2. Jika ada konfigurasi penggunaan Networks manager, pilih continue.
  3. Pada pesan Box pertama, kita menentukan Network Cad yang telah dijadikan sebagai alat pemberian ip melalui sistem DHCP. Pilih Networks Card dan pilih select lalu next.
  4. Tampilan pesan Box selanjutnya menetukan nama domain, alamat name server gateway dan yang lainnya. Jika telah selesai pilih next.
  5. Setelah pengaturan global setting, menentukan alokasi alamat ip addres yang akan diberikan. Pada tahap ini adalah tahap pembatasan banyaknya ip address yang akan disediakan oleh server.
  6. Tahap terakhir, memilih apakah DHCP Server aktif setelah melakukan reboot atau akan dilakukan secara manual. Sebaiknya memilih aktif secara otomatis saat botting.
Sekarang telah selasai DHCP dapat di digunakan dengan cara Test satu client untuk menggunakan alamat ip DHCP, apakah server meresponnya dan memberikan alamat ip yang telah di sediakan oleh server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Jaringan (Get Ip, Get Name, Ip to Name, and NsLookup) Server-client

Perkembanga Jaringan Telekomunikasi G

TUGAS KK 2