tugas minggu ke 3
Pengertian dan Contoh Program
JAVA
JAVA adalah
bahasa pemrograman berorientasi
obyek, sehingga untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap materi pada
bab-bab selanjutnya, perlu disampaikan beberapa topik mengenai pemrograman
berorientasi obyek yang berhubungan langsung dengan topik-topik yang akan
dibahas, diantaranya mengenai konsep pemrograman berorientasi obyek,
inheritance dan constructor. Topik-topik lain dalam pemrograman berorientasi
obyek akan dibahas lebih lanjut bila memang diperlukan.
Pemrograman berorientasi obyek
merupakan suatu konsep pemrograman dengan mengambil konsep obyek sebagai
komponen dasar dari pemrogramannya. Obyek merupakan suatu kesatuan komponen dan
struktur yang di dalamnya berisi attribut yang selanjutnya dinamakan dengan
member dan method yang merupakan kumpulan fungsional dari suatu obyek. Sebagai
suatu analogi obyek, kita ambil obyek mobil dan lainnya. Obyek mobil ini
mempunyai method berupa maju, mundur, jalan, berhenti, dan berputar. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa obyek mempunyai sifat-sifat, yaitu:
- Member atau sering juga disebut dengan attribut yang menjelaskan variable, parameter atau keadaan (state) dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat member berupa roda, kemudi, seperti yang disebutkan di atas.
- Method atau sering juga disebut dengan behavior yang menjelaskan perilaku, kegiatan atau kerja dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat method maju, mundur, berhenti, seperti yang disebutkan diatas.
Menulis program berbasis obyek
menggunakan bahasa Java dilakukan dengan cara membentuk sebuah class, menentukan
variabel member dan menentukan method. Pembentukan class dari suatu obyek ini
dinamakan dengan enkapsulisasi. Untuk menggambarkan suatu obyek digunakan suatu
diagram yang dinamakan dengan class diagram.
- Nama Class
- Member
- Method
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari
The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun
1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang
dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James
Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.
Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat
oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran
Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup
dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai
pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen),
seperti pada PDA sekarang ini.
Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).Setelah era
Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa
orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah
ruangan kantor di 100 Hamilton
Avenue , Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah
maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang.
Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet
sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal
tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di
kalangan akademisi dan militer.Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic
sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web
Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner.
Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama
menjadi Hot Java.Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber
Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemeritaan
pertama kali pada surat
kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang
terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah
ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt
dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk
Netscape.Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan
kerja “bapak java”, James Gosling.
Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena
sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga
diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang
digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Versi Awal Versi
awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java
Versi 1.0.
- Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
- Java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
- Java.io : Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
- Java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan
- Java.net : Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
- Java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
- Java.applet : Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.
Contoh Program Java
Contoh program sederhana yang menampilkan form login di
dalam JFrame. Inputan username berupa JTextField dan inputan password berupa
JPasswordField serta tombol dibuat dengan JButton. Form sederhana ini juga
mendemonstrasikan adanya Listener berupa ActionListener.
01
|
import java.awt.*;
|
|
02
|
import java.awt.event.*;
|
03
|
import javax.swing.*;
|
|
04
|
05
|
public class SimpleLogin
extends JFrame
implements ActionListener
{
|
|
06
|
private JLabel label1,
label2;
|
07
|
private JTextField
txtUser;
|
|
08
|
private JPasswordField
pwdPass;
|
09
|
private JButton
btnLogin, btnExit;
|
|
10
|
11
|
public SimpleLogin()
{
|
|
12
|
super ("Login
here...");
|
13
|
||
14
|
Container
container = getContentPane();
|
15
|
container.setLayout(new FlowLayout());
|
|
16
|
17
|
label1 = new JLabel
("Username : ");
|
18
|
label2 = new JLabel
("Password : ");
|
19
|
||
20
|
txtUser = new JTextField
(20);
|
21
|
txtUser.setToolTipText("Input
Username");
|
|
22
|
pwdPass = new JPasswordField(20);
|
23
|
||
24
|
btnLogin = new JButton
("Login");
|
25
|
btnLogin.addActionListener(this);
|
|
26
|
btnExit = new JButton
("Exit");
|
27
|
btnExit.addActionListener(this);
|
|
28
|
29
|
container.add(label1);
|
|
30
|
container.add(txtUser);
|
31
|
container.add(label2);
|
|
32
|
container.add(pwdPass);
|
33
|
container.add(btnLogin);
|
|
34
|
container.add(btnExit);
|
35
|
||
36
|
setSize
(300,200);
|
37
|
setVisible
(true);
|
|
38
|
}
|
39
|
||
40
|
public static void main (String
args[]) {
|
41
|
SimpleLogin test
= new SimpleLogin();
|
|
42
|
test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
|
43
|
}
|
|
44
|
45
|
private String user =
"", pass = "";
|
|
46
|
public void actionPerformed
(ActionEvent e) {
|
47
|
if (e.getSource()
== btnLogin) {
|
|
48
|
user
= txtUser.getText();
|
49
|
pass
= pwdPass.getText();
|
|
50
|
if (user.equals("achmatim")
&& pass.equals("otim")) {
|
51
|
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Login successfull");
|
|
52
|
}
else {
|
53
|
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Username and password dosn't match!");
|
|
54
|
txtUser.setText("");
|
55
|
pwdPass.setText("");
|
|
56
|
txtUser.requestFocus(true);
|
57
|
}
|
|
58
|
} else if (e.getSource()
== btnExit){
|
59
|
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Thanks
to try my program. See you..");
|
|
60
|
System.exit(0);
|
61
|
}
|
|
62
|
}
|
63
|
}
|
Komentar
Posting Komentar